Header Ads

Breaking News

Apa itu Codeigniter ?


   Yap kali ini gw akan mnulis  mengenai Codeigniter.  kenapa codeigniter ? karna  gw biasa makek codeigniter  dibandingkan Framework  yang lain,kalo di bilang  bagusan mana codeigniter  dibandingkan framework yang  lain ? menurut gw sih  tergantung lu sendiri enakan  makek yang mana karna kesukaan orang kan beda-beda.

Kalo belum tau apa itu Framework,silahkan baca postingan ini : apa itu Framework ?    
  Lanjut tentang codeigniter,apa itu Codeigniter ?

  • CodeIgniter adalah Framework PHP yang berjalan pada PHP 4 dan PHP 5. Tujuan utama dari CodeIgniter adalah untuk memudahkan programmer dalam mengembangkan aplikasi secara cepat tanpa harus melakukan pemrograman dari nol. Dengan demikian, programmer PHP yang telah memiliki dasar pemrograman, dapat bekerja lebih cepat menghasilkan aplikasi yang dibutuhkan.dalam Codeigniter disini biasa bekerja dengan model MVC (model-view-Controller). MVC adalah pola arsitektur yang dipergunakan pada kebanyakan bahasa pemrograman dan scripting, termasuk PHP.


  1. Model – sebagai modul yang bekerja untuk menghubungkan aplikasi dengan database. Dalam hal ini Model diberi fungsi untuk membuat database, membaca database, memperbarui database, dan menghapus database (Create, Read, Update, Delete).
  2. View – sebagai modul yag bekerja untuk menampilkan data melalui controller dan ditampilkan dalam bahasa HTML. Secara sederhana View dapat digambarkan sebagai setiap halaman web yang ditampilkan.
  3. Controller – modul program yang bekerja untuk menangani request, memanipulasi model dan controller yang lain. Secara sederhana, Controller dapat diibaratkan sebagai pengatur lalu-lintas.

No comments